Tentang Bali

Semua orang pasti sudah tahu tentang Bali secara umum, tapi hampir sebagian besar belum tahu Bali lebih jauh, apalagi tentang wisata Pulau Bali. Dan bahkan banyak diantara anda pasti belum pernah liburan ke Bali.

Okey, akan kami berikan informasi tentang Bali.

Bali adalah pulau kecial di sebelah timur pulau Jawa dan di sebelah barat pulau Lombok.Terdiri atas beberapa pulau, yaitu Pulau Bali, Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Serangan, dan Pulau Menjangan.

Luas wilayah Pulau Bali secara keseluruhan 5.632,86 km2 dan jumlah penduduknya 3.156.392 jiwa dengan kepadatan 517 jiwa/km2.

Peta Pulau BaliSecara administrasi Propinsi Bali dibagi menjadi 9 daerah tingkat II ( 8 Kabupaten dan 1 Kotamadya) 51 kecamatan,565 desa, dan 79 kelurahan. Secara geografis Propinsi Bali terletak antara 8o03'40" - 8o50’48" Lintang Selatan dan 114o25’53"- 115o42’40" Bujur Timur. Relief dan topografinya menunjukkan di tengah - tengah Pulau Bali-terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan itu ada gunung berapi, yaitu Gunung Agung (3.140m) dan Gunung Batur (1.717m). Selain itu, di Propinsi Bali terdapat empat buah danau, yaitu Danau Beratan (375,6 Ha), Danau Buyan (336 Ha), Danau Tamblingan (110Ha), dan Danau Batur (luas, 1.607,5 Ha). Sungai yang bersumber dari hutan dan danau tersebut kebanyakan mengalir ke daerah selatan,seperti Sungai Unda, Sungai Petanu, Sungai Ayung, Sungai Pulukan, dan Sungai Loloan.

Wilayah Bali termasuk daerah beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin musim yang berganti setiap enam bulan sekali. Daerah Bali memiliki dua musim, yaitu musim kemarau (April-Oktober) dan musim hujan (Oktober-April ). Temperatur udara bervariasi antara 24,0 derajat Celcius dan 30,8 derajat Celcius. Curah hujan dalam lima tahun terakhir bervariasi antara 893,4 mm terendah dan 2.702,6 mm tertinggi untuk rata-rata tahunan. Kelemban udara berkisar antara 90% dan pada musim hujan bisa mencapai 100%, sedangkan pada musim kering mencapai 60%.

Wisata pulau Bali terpusat pada pulau Bali bagian selatan meliput Kuta area (Kuta, Legian, Tuban, Seminyak), Jimbaran dan Nusa Dua. Selain itu pariwisata bali juga berkembang baik di Sanur, Denpasar, Tabanan (Bedugul & Tanah Lot), Ubud, Candidasa (Karangasem) dan Lovina (Bali utara).

Informasi lebih panjang lebar, bisa baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Bali

  • Sekilas Bali - Informasi yang perlu anda lakukan ketika liburan di Bali, mulai dari aktifitas petualangan, aktifitas SPA, aktifitas bahari, menyelam, cruises, rafting, trekking, bike tour, naik gajah, naik kuda, dan banyak informasi lainnya.
  • Obyek atau Tempat Wisata - Obyek wisata yang ada di Bali, dari obyek wisata pantai sampai obyek wisata pegunungan
  • Rumah Makan/Restoran dan Wisata Kuliner Bali - Daftar rumah makan atau restoran favorit di Bali bagi mereka yang suka wisata kuliner.
  • Kalender Event - Daftar event, karnival atau acara tahunan yang ada di Bali