Jatiluwih

Selain memiliki banyak pantai yang terkenal, Pulau Bali juga memiliki keindahan pemandangan alam yang sangat terkenal, salah satunya adalah pemandangan sawah bertingkat yang sangat indah di Jatiluwih.

Jatiluwih

Desa Jatiluwih terletak di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Anda dengan mudah dapat mencapai lokasi ini, karena akses menuju Jatiluwih sudah bagus. Dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalan dari Kuta karena berjarak sekitar 60 Km dari Kuta.

Jika anda pernah mengunjungi pemandangan sawah di Cekingan Tegalalang, anda akan dibuat lebih terpesona dengan alam di Jatiluwih ini, karena areal persawahan di jatiluwih lebih luas, dan memiliki latar belakang gunung yang sangat indah.

Apa yang ada di Jatiluwih?

  • Pemandangan sawah yang luas, sawah bertingkat (terasering) dengan sistem Subak yang masih alami
  • Pemandangan perbukitan dan pegunungan yang menjadi latar belakang hamparan persawahan ini. Dari sini anda bisa melihat pegunungan Batukaru dan perbukitan di Baturiti
  • Hawa yang sejuk dan tentunya segar banget karena jatiluwih terletak di lereng gunung Batukaru
  • Rumah makan dan restoran yang memiliki view langsung ke pemandangan sawah bertingkat ini. Anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati makan siang di restoran yang ada disini.
  • Penginapan dan hotel kecil sudah bermunculan di areal ini, jadi yang mau menginap disini boleh langsung datang.

Dengan keindahan dan keunikan alam di obyek wisata Jatiluwih ini, maka tidak salah Jatiluwih dimasukkan ke dalam  daftar UNESCO World Heritage sebagai warisan budaya dunia, karena jatiluwih adalah satu-satunya obyek wisata alam yang memiliki pemandangan sawah bertingkat, dengan sistem irigasi subak yang masih tradisional dan alami.