Pulau Menjangan

Salah satu diving site yang paling terkenal di Bali tentu Pulau Menjangan, sebuh pulau kecil nan indah yang berada di barat laut Pulau Bali, masuk dalam kawasan wisata Bali Utara, sekitar 5 km dari pulau Bali. Pulau Menjangan sendiri masuk dalam wilayah Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng, tepatnya sekitar 76 Km dari pusat kota Singaraja, dan sekitar 20 Km dari Gilimanuk.

Diving Di Pulau Menjangan

Kalau Anda penikmat wisata bawah air laut seperti diving dan snorkeling, jangan lupa untuk berwisata ke Pulau Menjangan ini. Pemandangan bawah laut di tempat ini menjadi semacam kunjungan wajib bagi pari diver.

Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sehingga secara adminsitratif, segala hal yang berkaitan dengan pulau Menjangan harus berurusan dengan TNBB. Karena di Pulau ini hidup binatang liar yang dilestarikan yaitu Rusa yang dalam bahasa Bali disebut Menjangan, itu kenapa disebut Pulau Menjangan. Dan luas pulau Menjangan sendiri sekitar 6000 Hektar.

Untuk menyelam, anda harus ada izin khusus dari Kepala TNBB berkantor di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Hal ini untuk mencegah penyelam sembarangan yang bisa merusak habitat terumbu karang di Pulau ini.  Tetapi anda tidak usah khawatir soal izin ini. Sebab, hampir seluruh dive operator di Bali sudah memiliki izin dari TNBB. Artinya, jika anda ingin menyelam disini, anda wajib didampingi Dive Operator.