Tirta Gangga

Tirta Gangga merupakan sebuah pemandian dan tempat peristirahatan keluarga kerajaan Karangasem, dibangun oleh Raja Karangasem terakhir,  Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1948 dan merupakan perpaduan aksitektur tradisional Bali dan Cina.

Tirta Gangga

Tirta Gangga memiliki luas 1,2 hektar yang terdiri atas tiga kompleks. Komplek pertama yakni pada bagian paling bawah dapat ditemukan dua kolam teratai dan air mancur. Komplek kedua adalah bagian tengah dimana dapat ditemukan kolam renang. Pada bagian ketiga, yakni komplek ketiga, kita dapat menemukan tempat peristirahatan raja.

Sebelum taman air Tirtagangga, terdapat sumber mata air besar dan  masyarakat setempat menyebut daerah ini “embukan” yang artinya mata air. Mata air itu kemudian difungsikan untuk memenuhi kebutuhan penduduk akan air dan juga sebagai “pemurnian” dari para Dewa. Untuk tujuan ini, mata air ini dianggap suci dan sakral.

Jika anda jalan-jalan ke Bali timur, maka sempatkan mampir ke Taman Tirta Gangga ini, sekedar menikmati pemandangan atau anda ingin mandi di kolam yang jernih dan segar ini. Dan disini juga banyak tersedia penginapan dan rumah makan.